Wednesday 2 April 2014

Tentang Novel Saya: Cinta Tak Kenal Logika



Cinta Tak Kenal logika adalah novel ketiga yang saya tulis. Dan, novel solo pertama yang di-acc *seharusnya kedua andai yang di penerbit X itu tidak kutarik*. Novel ini masih tetap berkisah tentang kehidupan remaja. Sesuai kesukaanku. Semula novel ini berjudul Cinta Kalahkan Logika. Namun, pihak agency yang menemukan jodoh naskah ini meminta saya untuk mengubah judulnya menjadi Cinta Tak Kenal Logika. Alasannya biar sesuai dengan selera penerbit.

Novel ini saya tulis hanya dalam waktu kurang dari 10 hari. Ketika itu saya sedang liburan. Bingung mau ngapain. Jadi, saya lihat kotak harta karun saya, mana tahu ada sesuatu yang bisa membuat saya sibuk. Dan, voilaaaa ... saya menemukan ide novel ini yang sudah saya simpan beberapa bulan lalu. Karena konsep di novel ini sudah matang jadi saya lancar-lancar saja menuliskannya. *meski saya tahu banyak kekurangannya*. Dan, tepat tanggal 5 Oktober 2013 naskah ini selesai  dan langsung saya kirim ke agency *lupa editing*. Tanggal 12 November 2013 saya mendapat kabar naskah ini di-acc.

Sesuai judulnya, novel ini memang membahas tentang cinta. Ya, cinta yang terkadang membuat kita lupa berlogika. Dan, sebagai mempermanis dan menarik minat orang untuk membaca, saya pun tergiur menambahkan sebaris tagline "...maaf aku juga mencintainya, teman."

Nah, dari tagline sudah kelihatan bahwa cerita ini tentang seseorang yang ternyata juga jatuh hati dengan orang yang disukai temannya. Semula dia berusaha mengabaikan perasaannya karena temannya terlebih dahulu menyukai cowok itu. Namun apa daya, pesona cinta terkadang membuat seseorang lupa untuk menggunakan logikanya.

"...seperti seorang pecandu, dia menjelma menjadi heroin bagiku. Membuatku lupa diri. Kehilangan akal. Dan, yang kuinginkan saat ini hanyalah dia."

Dewa Amore ternyata tengah berpihak padanya. Cowok itu juga punya rasa padanya. Dan, menyatakan cinta padanya di depan umum. Cinta itu mulai menggeliat. Menggoda. Hingga akhirnya cinta pun membuatnya menjadi egois. Tak lagi memikirkan perasaan sahabatnya. Dia pun menerima cinta cowok tersebut. Akibatnya persahabatan hancur hanya karena cinta.


Itu sekilas tentang kisah yang saya tulis di novel ini. Cinta dan persahabatan di dunia remaja memang selalu menarik saya untuk menuliskannya. Hehehe ....

Dalam novel ini saya juga menyisipkan beberapa adegan yang sangat saya suka dan impikan terjadi dalam kehidupan saya. Sayangnya, beberapa di antaranya belum kesampaian. Jadi, saya mewujudkannya lwat novel tersebut. Hal-hal tersebut di antaranya, memandang hujan, menampung air hujan yang jatuh dari cucuran atap dengan telapak tangan, menatap bintang di atas trampolin, berbagi earphone saat mendengarkan lagu, menyendiri di tempat yang sepi, dan makan ice cream coklat bersama seseorang yang spesial. Alhamdulillah ... menulisnya membuat saya yakin suatu saat saya bisa mewujudkannya. :)

Saya juga menuliskan beberapa quote-quote yang saya harapkan dapat mempermanis dan menghanyutkan pembaca saat menikmati suguhan kisah yang saya tulis ini. Beberapa quote favorit saya:

"...aku bahagia hujan kali ini menjebakku bersamamu."

"...seorang pengkhianat pantasnya hanya dengan pengkhianat juga."

"...cinta itu murni masalah hati, yang terkadang tak tersentuh logika."

"...dulu kita adalah teman berbagi tawa, tapi kenapa sekarang harus saling melukai?"


Nah, itu tadi beberapa quote yang akan kamu temui jika nanti membaca novel ini. Semoga kamu menyukainya.

Kapan novel ini terbit? Entahlah. Saya belum dapat kabarnya. Semoga dalam waktu dekat. Sebulan atau dua bulan lagi. Doakan saja semoga bisa segera terbit. Dan, kalian tergoda untuk membelinya. *itu harapan saya* :)

Baiklah, sekian cerita saya tentang novel ini. Semoga bisa sedikit menghibur.  Sampai jumpa lagi pada berbagi kisah untuk novel saya yang selanjutnya.


7 comments:

  1. semangat kumal. banyak doa biar dapat berkah... biar lancar kaya jalan tol... biarpun jalan tol skrg juga srg macet, tapi ya udahlah, berdoa aja...

    ReplyDelete
  2. Sepertinya menarik... Persahabatan dan cinta selalu menarik buat dibahas. penasaran. semoga cepet terbit...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga novelmu juga cepat terbitnya, ya. :)

      Delete
  3. Semoga lekas dapat kabar dari penerbitnya ya. Semangat!

    ReplyDelete
  4. Tema dan amanat dari cerita ini apa sih?

    ReplyDelete