Tuesday 16 September 2014

[Resensi Buku] Dosa Terindah by Monica Petra



Lika-Liku Cinta Seorang Seana

Judul Buku      : Dosa Terindah
Penulis             : Monica Petra
Penerbit           : Bhuana Sastra
Tahun Terbit    : Cetakan pertama, 2014
ISBN               : 978-602-249-609-8
Tebal               : 160 halaman

            Seana merasa kehidupannya berubah saat Edmund memutuskannya secara sepihak padahal sebentar lagi mereka akan melangsungkan pernikahan. Selama ini hubungan mereka baik-baik saja, bahkan sempurna, jadi Seana masih tidak percaya  kisah cintanya kandas.
            Seana mencoba membangun keehidupannya lagi. Dimulai dengan memperdalam kemampuan bahasa inggrisnya. Di tempat kursus itu Seana bertemu dengan Vincent, mahasiswa berumur 20 tahun yang di mata Seana terlihat dewasa. (halaman 15)
            Vincent sungguh baik dengan Seana. Cowok itu sering mengantarkan Seana pulang. Tapi, lama-lama sikap baik Vincent membuat Seana gelisah. Karena tanpa sadar ia mulai menyukai Vincent. Suatu hari Seana menceritakan tentang Vincent pada Ella, sahabatnya. Ternyata Ella mendukung Seana jadian dengan Vincent. Karena menurut Ella itu mungkin cara bagi Sean untuk move on dari Edmun. Hingga akhirnya Vincent menyatakan cinta dan Seana menerimanya (halaman 52)
            Namun hubungan cinta mereka tak berjalan mulus. Terlalu banyak perbedaan, mulai dari umur sampai lingkungan pergaulan. Terlalu banyak hal-hal yang menyebabkan pertengkaran, mulai dari Cincin pemberian Steven—mantan murid yang mencintai Seana—sampai kedekatan Seana dengan Hendry, rekan kerja Seana. Belum lagi sikap Seana yang sering bersikap egois. Namun Vincent mencoba bertahan dan memahami Seana. Vincent benar-benar tulus mencintai Seana.
            Tapi masalah tidak hanya sampai di situ. Edmun tiba-tiba muncul lagi. Menawarkan cinta pada Seana. Seana yang sadar betul bahwa dirinya masih mencintai Edmun—sangat mencintainya, bahkan melebihi cintanya ke Vincent—menjadi dilema. (halaman 131)
Seana bingung harus kepada siapakah cintanya harus dipersembahkan.
            Dosa Termanis adalah novel ke-18 dari Monica Petra. Novel  bergenre roman dewasa ini diceritakan Monica dengan gaya yang lugas sehingga sangat mudah dipahami. Konflik demi konflik dimunculkan sehingga kita tidak diberi kesempatan untuk melepaskan novel ini sebelum menamatkannya. Tetapi dari semua kelebihan novel ini ada hal yang menjadi kekurangannya, yaitu typo di beberapa bagian. Tapi secara keseluruhan novel ini layak untuk jadi teman hiburan. Satu pesan yang ingin disampaikan penulis melalui novel ini adalah jangan pernah menyia-nyiakan orang yang tulus mencintaimu.
 
Peresensi: Kamal Agusta, Mahasiswa FKIP Matematika Universitas Islam Riau.   

No comments:

Post a Comment