Thursday 15 December 2016

Dari Foodblogger Sampai Inovasi BCA


Kamis, tanggal 17 November 2016, saya datang ke acara Ngobrol Bareng Blogger Pekanbaru. Acara ini diadakan jam 18.00 WIB di Antica Cafe & Resto yang berlokasi di jalan Ronggowarsito nomor 38B. Ada sekitar 20an blogger Pekanbaru yang hadir. Saya beruntung jadi salah satu blogger yang terpilih. Untuk itu saya berterima kasih pada BCA dan BBlog yang sudah menyelenggarakan Ngobrol Bareng Blogger Pekanbaru ini.

Selesai sholat Magrib, acara pun dibuka oleh MC. Kemudian diikuti hiburan musik oleh Seitara Band yang membawakan lagu Price Tag yang dipopulerkan Jessie J. Saat itu juga, para undangan dipersilakan mengambil makanan yang sudah disiapkan pihak Antica Caffe & Resto untuk makan malam.










Setelah makan malam, acara kembali dimulai. Acara selanjutnya yaitu presentasi dari salah satu blogger Pekanbaru. Pemateri pada sesi ini adalah Hendra Alya, food blogger juga admin instagram @KulinerPKU (instagram tentang kuliner Pekanbaru yang pertama kali ada). Hendra berbagi pengalamannya selama jadi food bloger serta tips menjadi food blogger yang baik.

Menurut Hendra, ada 3 hal yang harus diperhatikan food blogger saat melakukan review:
1.      Cari tahu sebelum datang:
-          Jam operasional restoran/kafe tersebut
-          Jenis makanan favorit/khas/andalan dari restoran/kafe tersebut
2.      Harus 3S: Sopan, Santun, dan Senyum
3.      Catat hasil review, mulai dari nama restoran/cafe, alamat, range harga, menu favorit, suasana, dll. Yang penting buat review yang semenarik mungkin.











Selanjutnya Hendra juga memberitahu tentang modal untuk menjadi food blogger, yaitu:
1.      Kamera (bisa kamera ponsel, minimal 8 MP)
2.      Akun social media (blog, twitter, facebook ataupun instagram)
3.      Niat, mau bercerita tentang makanan enak.
Ternyata tidak hanya itu, untuk menutupi sesi sharing-nya, Hendra membocorkan tips memotret makanan agar terlihat menarik. Menurutnya ada 3 hal yang perlu diperhatikan food blogger agar foto makanan terlihat bagus, yaitu:
1.      Usahakan memotret di dekat jendela (jika siang hari) atau di bawah cahaya lampu (jika malam hari).
2.      Hindari backlight (bagi food blogger yang menggunakan kamera ponsel).
3.      Foto secara close-up.
Setelah Hendra menutup presentasinya, sesi selanjutnya diisi oleh Anna Lisa, selaku perwakilan dari BCA. Kali ini Anna Lisa memperkenalkan salah satu gebrakan dan inovasi terbaru dari BCA, yaitu Sakuku.










Sakuku adalah dompet elektronik yang dapat digunakan bertransaksi melalui aplikasi smartphone dalam melakukan bayar belanja, isi pulsa, dan transaksi perbankan lainnya. Sakuku ini lebih simpel, mudah dan praktis,  karena kita hanya perlu menginstal aplikasi Sakuku yang bisa didownload dari App Store ataupun Play Store di smartphone. Nomor rekening Sakuku menggunakan nomor ponsel kita. Sangat membantu di zaman serba canggih saat ini. Dengan begitu, acara hangout akan semakin all out.












Ada beberapa keuntungan yang dimiliki Sakuku, yaitu:
1.      Transfer antar Sakuku, minimal Rp 5.000,-. Caranya kita tinggal memasukkan kontak tujuan (teman Sakuku) yang hendak kita kirimin uang.
2.      Permintaan Transfer. Ini cocok banget bagi kamu yang ingin nagih hutang (atau minjem duit) pada temanmu meski kalian berjauhan. Minimalnya tetap sama, Rp 5.000,-.
3.      Split Bill. Bagi kamu yang suka nongkrong dan makan ramai-ramai dengan sahabatmu, ini sangat membantu sekali. Jadi, nanti salah satu dari kalian membayar tagihan terlebih dahulu. Nanti baru teman-teman yang lain membayar. Semacam ditalangin dulu deh gitu. Kan kadang ribet juga musti bayar satu-satu ke kasir. Cara split bill ini gampang banget. Tinggal masukin kontak Sakuku (maksimal 9 kontak). Penerima harus mengaktifkan fitur permintaan. Oh iya, tagihan bisa dibagi rata atau disesuaikan dengan tagihan masing-masing.
4.      Isi Pulsa. Kamu bisa isi pulsa mulai dari nomor sendiri, nomor orang lain atau minta diisiin pulsa. Nah yang enaknya lagi kamu bisa gak perlu repot – repot ketik nomor handphone dan pilih operator.Kalau isi pulsa nomor orang lain atau minta isi pulsa juga gampang bisa plh kontak yang ada di HP kamu.
5.      Tarik tunai di ATM BCA yang ada terima tarik tunai Sakuku. Nominal penarikan kelipatan Rp 50.000,- dan maksimal Rp 1.250.000,- per transaksi penarikan.
6.      Dapat digunakan berbelanja di banyak merchant. Beberapa di antaranya:
-          Gramedia, Chatime, Alfamart, CGVblitz, dll (merchant fisik)
-          Blibli.com, Bhinneka.Com, Kaskus, dll (merchant online)

-          Cek merchantnya secara lengkapi Di sini
Pengisian saldo Sakuku itu praktis banget. Ada 3 channel yaitu melalui ATM BCA, KlikBCA dan BCA mobile. Dan yang pasti untuk pengisian bisa minimal dengan Rp 10.000,- kita sudah bisa melakukan pengisian Sakuku. Sangat mudah, simpel dan praktis, bukan? Jadi menurut saya, Sakuku ini sungguh gebrakan dan inovasi yang canggih.

Setelah sesi pengenalan Sakuku berakhir, acara disemarakkan penampilan stand up comedy oleh Buha Malik. Dengan begitu, berakhir sudah rangkaian acara Ngobrol Bareng Blogger Pekanbaru ini. Saya secara pribadi beruntung sekali bisa hadir di acara ini. Banyak hal yang saya dapatkan, mulai ilmu baru tentang nge-blog, sampai kenalan baru dengan orang-orang hebat. Harapan saya semoga acara keren seperti ini terus berlanjut.

Terakhir saya cuma mau ngucapin ini sekali lagi: Terima kasih, BCA, dan BBlog. Semoga jaya selalu!

1 comment:

  1. Seru kayaknya acaranya, semoga suatu hari bisa ngumpul blogger lain...

    ReplyDelete